RSS

Kepemimpinan Transformatif yang Karismatif

27 Dec

Kepemimpinan Transformatif yang Karismatif

 Pemimpin merupakan tombak utama dalam pembentukan karakter suatu organisasi, pemimpin pulalah yang menyetir suatu kendaraan yang bernama “lembaga/oragnisasi” menuju jalan yang akan dituju sesuai dengan visi dan misi organisasi tersebut. Akan tetapi suatu organisasi bukanlah sebuah kendaraan canggih seperti UAV ( Unmanned Aerial Vehicle) atau bahasa Indonesianya adalah pesawat tanpa awak. Suatu lembaga/organisasi haruslah diibaratkan perahu bajak laut dimana harus terdiri dari kapten dan semua awaknnya. Mereka bekerja sama untuk satu tujuan yang sama. Dan awaknya harulah menuruti kata kaptennya, agar perahu tersebut dapat berlayar dengan gagah.

Mengapa harus pemimpin yang transformatif ? sebelumnnya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu pemimpin dan kepemimpinan transformatis. Kepemimpinan Tranformatif pertama kali dikemukakan oleh McGregor Burns. Berkaitan dengan hal ini Bernard Bass dan beberapa tokoh juga memaparkan devinisi tentang kepemimpinan transformatif. Tetapi secara garis besar dari devinisi tersebut ialah ” Leadership and performance beyond expectations.” Kepemimpinan transformatif didefinisikan sebagai kepemimpinan di mana para pemimpin menggunakan karisma mereka untuk melakukan transformasi dan merevitalisasi orga-nisasinya (Gerald Greenberg dan Robert A Baron, Behavior in Organization, Ohio State University, 2003).  Memang pemimpin transformatif memiliki sebuah kelebihan yaitu sebuah karisma kepemimpinan, Pemimpin transformatif yang karismatis memodali diri dengan gagasan ideal tentang apa yang ia pimpin dan bangsannya . Ia selalu berada dalam posisi berjuang di depan tanpa pernah meninggalkan yang di belakang dan selalu mengajak anggota/staffnya untuk ikut berjuang bersama demi satu tujuan organisasi/lembaga berasama.

Kepemimpinan Transformatif merupakan Gaya Kepemimpinan yang berupaya mamasukan  nilai-nilai yang dipikirkan oleh anggotannya untuk mendukung visi dan tujuan organisasi. Melalui pengambungan nilai-nilai tersebut. Dalam kepemimpinan transformatif biasannya terjalin hubungan baik antara pemimpin, staff dan anggotannya. diharapkan hubungan baik antar anggota organisasi dapat dibangun sehingga muncul iklim saling percaya diantara anggota organisasi dan munculnnya rasa kekeluargaan dalam suatu organisasi.  Tapi sebenarnnya apa saja ciri – ciri dari kepemimpinan tarnsformatif? Mengapa kepemimpinan transformatif dapat berdampak baik bagi suatu organisasi. Berikut ciri – cirri kepemimpinan transformatif :

  1. Memiliki sebuah karisma kepemimpinan

Pemimpin Transformatif adalah sosok pemimpin yang mempunyai pengaruh yang sangat kuat dan mampu menyihir anggotannya untuk mengikuti Pimpinan. Pemimpin Transformatif haruslah bisa menjadi role model yang dikagumi, dihargai dan diikuti oleh bawahannya. Karena kharisma yang dimilikinya ditunjukkan melalui perilaku pemahaman terhadap Visi dan Misi Organisasi, pendiriannya yang kukuh, komitmen dan konsisten terhadap keputusan yang telah diambil serta menghargai bawahan.

  1. Memberikan Inspirasi dan Motivasi

Pemimpin transformatif haruslah memberikan inspirasi kepada setiap anggotannya dan dapat memberikan motivasi keanggotannya. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan kinerja semua anggota dalam organisasi. berarti karakter Pemimpin yang mampu mendorong bawahannya kepada tingkat yang lebih tinggi dan dapat meningkat kinerja anggota organisasinnya telah memiliki ciri pemimpin tranformatif.

  1. Mampu Mendorong Anggota Untuk Selalu  Kreatif dan Inovatif

Mampu Mendorong Anggota Untuk Selalu Kreatif dan Inovatif adalah karakter seorang Pemimpin Transformatif  yang mampu mendorong bawahannya untuk menyelesaikan permasalahan dengan cermat dan rasional. Karakter ini mendorong bawahan untuk selalu Kreatif dan Inovatif dalam mencari cara baru yang lebih efektif didalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

  1. Memahami Karakter Anggota

Memahami karakter Anggot adalah karakter seorang Pemimpin yang mampu memahami sebuah perbedaan dan karakter individu diantara bawahannya. Pemimpin Transformatif mampu mendengarkan aspirasi bawahannya. Selain itu, Pemimpin Transformatif mampu melihat potensi dan keinginan bawahannya.

Akan tetapi apakah gaya kepemimpinan ini dapat diterapkan oleh setiap orang. Gaya kepemimpinan ini dapat sukses diterapkan oleh seseorang bila telah memenuhi syarat-syaratnya. Apa sajakah syaratnnya agar gaya kepemimpinan ini dapat diterapkan oleh seseorang dan dapat di praktikan dengan sukses. Seorang pemimpin yang ingin secara efektif menerapkan gaya Kepemimpinan Transformatif, harus mampu melakukan beberapa hal sebagai berikut :

1)      memahami visi dan misi organisasi

2)       memahami lingkungan organisasi melalui analisis lingkungan strategis (swot)

3)      merumuskan rencana strategis organisasi

4)      menginternalisasikan visi, misi, kondisi lingkungan strategis, dan rencana startegis pada seluruh anggota organisasi

5)      mengendalikan rencana strategis melalui manajemen pengawasan yang tepat

6)      memahami kebutuhan para anggota

7)      memahami kapasitas para anggota

8)      mendistribusikan pekerjaan sesuai dengan kapasitas anggota

9)      mengapresiasi hasil pekerjaan anggota.

Gaya kepemimpinan transformatif ini memiliki pola kepemimpinan. Ada empat pola perilaku kepepemimpinan transformatif, yaitu :

1)      Pertama, memiliki pengaruh. Seorang pemimpin memiliki pengaruh yang besar terhadap karyawannya. Ia memiliki semacam kharisma dan menjadi model positif (panutan) bagi karyawan atau bawahannya.

2)      Kedua, memberi inspirasi (inspirational motivation). Pemimpin mengedepankan nilai-nilai budaya perusahaan, termasuk di dalamnya menanamkan visi yang inspiratif. Upaya-upaya pembumian budaya tersebut dapat dilakukan melalui simbol atau lambang. Pemimpin berperan sebagai pembangkit semangat teamwork, antusiasme, dan optimisme di antara sesama rekan kerja.

3)      Ketiga, memberi arah, suluh, pedoman. Dia laksana seorang guru yang mengajar dengan baik, mampu memberi dorongan bagi para pengikutnya untuk bekerja mencapai tujuan bersama.

4)      Keempat, cerdas secara intelektual dan emosi. Dia dapat mempengaruhi para pengikutnya untuk memandang permasalahan dengan perspektif dan kesadaran yang jernih. Bawahan mampu berpikir positif, berpikir tentang solusi.

memang gaya kepimimpian tranformatif seakan dapat menyulap anggotannya menjadi antusias terhadapat oraganisasinya karena pemimpinnnya yang memiliki daya tarik atau karisma, Di pihak lain, para pemimpin yang transformatif lebih mementingkan revitalisasi para pengikut dan organisasinya secara menyeluruh ketimbang memberikan instruksi-instruksi yang bersifat komando. Pemimpin yang transformatif lebih memosisikan diri mereka sebagai mentor yang bersedia menampung aspirasi para bawahannya.

refrensi:

 
Leave a comment

Posted by on December 27, 2013 in KNOWLADGE, umum

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Forum AKK FKM Undip

it's about Health Administration dan Health Policy

Giri Hartono | Jual Gamelan | Jual Angklung | Jual Kendang | Jual Gong

Jual Gamelan | Jual Angklung | Jual Kendang | Jual Gong

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

ATIKAH

Love Is Sharing

Hanibal Hamidi

Gerakan Desa Membangun Indonesia #GDMI #HibahDiriTukDesa

Gamais Online

MUSLIM RABBANI, CERDAS, BERDEDIKASI

SM FKM Undip 2015

Senat Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro

panduherusatrio

this is the little part of my life

Source of Inspiration

All is One, co-creating with the Creator

I LOVE MY SELF

Love My Self Than Love Others

ihsanudin

Thinking Ahead, Thinking Accross, Thinking Agian.

Amgah

My Blog, life, an my work

%d bloggers like this: