RSS

E-HEALTH?

18 Dec

Pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) komputer, atau yang biasa disebut sebagai e-Health saat ini sedang mendapat banyak perhatian dunia  disebabkan oleh janji dan peluang bahwa teknologi mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

E-Health dapat diterapkan untuk membantu pemerintah mengembangkan program yang membantu dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya saling bertukar infomasi secara elektronik, mengambil data rekam medis pasien kapan dan dimana diperlukan, dan melakukan kolaborasi dengan memberi layanan jasa kesehatan lainnya secara real time melalui internet.

Layanan kesehatan seperti ini akan memberikan banyak sekali penghematan dari sisi biaya dokumen dan administrasi layanan dan memberikan keuntungan pemberian keputusan layanan kesehatan yang terbaik kepada pasien dengan lebih cepat.

Pemberi layanan jasa kesehatan, seperti dokter dan rumah sakit, juga dapat mengembangkan layanan jasa kesehatan berbasis internet. Program Dokter Keluarga yang tengah diperkenalkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) misalnya; berupaya untuk mengembangkan konsep dokter sebagai pengelola data kesehatan masyarakat.

E-Health dalam berbagai hal dapat meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas dan efektifitas dari pelayanan yang diberikan. Aplikasi atau solusi eHealth meliputi produk, sistem dan pelayanan yang menjadi lebih sederhana dengan aplikasi berbasis internet. eHealth meliputi aplikasi untuk para profesional dan otoritas kesehatan yang lebih baik daripada sistem kesehatan pribadi untuk masyarakat dan pasien

Di dalam era Millennium Development Goals (MDG), pengembangan E-Health merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

KENDALA :

  1. Letak Indonesia secara geografis berupa kepulauan, budaya yang beragam, perbedaan tingkat pendidikan, dan ketidakseimbangan alokasi sumberdaya, menyebabkan kualitas layanan kesehatan bervariasi dari satu tempat ke tempat lain.
  2. Koordinasi antar lembaga stakeholders layanan kesehatan masih lemah, sehingga pemanfaatan sumberdaya kesehatan yang terbatas menjadi tidak optimal.
  3. Pengembangan dan penerapan TIK untuk layanan kesehatan masih berupa pulau-pulau sistem atau silo system, sehingga sulit untuk melakukan tukar menukar data, informasi, dan pengetahuan.

 DUKUNGAN:                                                          

  1. Mensyaratkan penggunaan komponen lokal untuk mengembangan industri TIK untuk layanan kesehatan.
  2. Kebijakan Pembangunan Kesehatan Menuju Indonesia Sehat 2010, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 574/Menkes/SK/IV/2000.
  3. Kemunculan dan pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi, menyentuh  banyak lapisan hidup. Ini dicerminkan di dalam Millennium Development Goals  (MDG), terutama pada target 18: “In cooperation with the private sector, make available the benefits of new technologies, especially information and communications”.
  4. E-Health for All pada tahun 2012 (3rd eHealth European Ministerial Conference, Tromsoe, Norway), merupakan target dari bagi WHO.
  5. WHO sudah bertahun-tahun mengerjakan aktivitas dengan menggunakan teknologi informasi untuk pelayanan kesehatan dan tujuan medis. Sebagai contoh, konfrensi internasional yang diadakan oleh WHO (Desember 1997) memberikan masukan tentang “ Telematics” yang dimasukkan pada kebijakan WHO.
  6. Negara Anggota WHO sedang menyusun strategi untuk mengembangkan eHealth, dan organisasi lain sudah mempersiapkan strategi untuk teknologi komunikasi dan informasi. eHealth adalah salah satu topik yang dibahas pada Pertemuan Puncak Dunia Masyarakat Informasi (Geneva, Desember 2003).
  7. Menyediakan multiyears budget untuk memastikan pengembangan Sistem e-Health sampai kepada critical mass dan berkesinambungan.
  8. Meningkatkan kemampuan tenaga TIK dan penelitian untuk e-Health melalui dukungan pemerintah kepada perguruan tinggi yang mempunyai kapasitas.
  9. Mensinkronkan semua Undang-2, PP, Kepmen, dll yang bermuara kepada penyelarasan peningkatan kualitas layanan kesehatan untuk semua penduduk.

 

sumber:

DETIKNAS ( dewan teknologi informasi & komunikasi nasional ) “kerangka strategis E-HELATH Indonesia Optimalisasi Layanan kesehatan Prima”  oleh Zainal A. Hasibuan, Ph.D

“E-HEALTH DALAM DUNIA KESEHATAN” oleh WAHYUDI

 
Leave a comment

Posted by on December 18, 2013 in umum

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Forum AKK FKM Undip

it's about Health Administration dan Health Policy

Giri Hartono | Jual Gamelan | Jual Angklung | Jual Kendang | Jual Gong

Jual Gamelan | Jual Angklung | Jual Kendang | Jual Gong

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

ATIKAH

Love Is Sharing

Hanibal Hamidi

Gerakan Desa Membangun Indonesia #GDMI #HibahDiriTukDesa

Gamais Online

MUSLIM RABBANI, CERDAS, BERDEDIKASI

SM FKM Undip 2015

Senat Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro

panduherusatrio

this is the little part of my life

Source of Inspiration

All is One, co-creating with the Creator

I LOVE MY SELF

Love My Self Than Love Others

ihsanudin

Thinking Ahead, Thinking Accross, Thinking Agian.

Amgah

My Blog, life, an my work

%d bloggers like this: